Selasa, 17 Maret 2009

Berbakti Kepada Orang Tua

Berbakti Kepada Orang Tua
Oleh : Mahmudin at-Tapusy
(Mahasiswa tingkat akhir al-Ahgaff University Tarim Hadramaut Yaman)


Perintah berbuat baik kepada orang tua
Allah swt berirman yang artinya''
- '' Kami telah mewajibkan manusia untuk berbuat baik kepada manusia untukberbuat baik kepada orang tuanya'' (al-ankabut 29 :8).
- Kami telah mewajibkan keapda manusia (untuk berbuat baik ) kepada kedua orang tuanya ; ibunya telah mengandungnya dalam keaadaan leamah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-ku dan kedua orang tuamu.'' (lukman, 31 :14)
Dalam hadist rasulullah saw menegaskan tentang kewajiban anak berbuat baik kepada orang tua, beliau bersabda: seorang anak tidak dapat membalas budi orang tuanya kecuali kalau ia mendapatkan orang tuanya itu menjadi budak kemudian ia memebeli dan memerdekakakannya''. (Riwayat Muslim)


subhannallah !!! ada anak memukul ayahnya sendiri
Diceritakan dari Abi Hafsin al-Baskandi (beliau seorang ulama kota Samarkandi) beliau pernah kedatangan seorang laki-laki, yang mengadukan bahwa anaknya memukul dia. Abu Hafsin berkata ''Subhanallah seorang anak memukul ayahnya? Laki-laki itu menyahut ia benar dia memukul saya dan menyakiti. Lalu beliau bertanya ''Apakah engkau telah mengajari anak kamu sopan santun dan ilmu ''Dia menjawab tidak. Kemudian beliau bertanya lagi, ''Apakah kamu mengajarkan al-Qur'an? Dia menjawab ''tidak''. Lalu apa pekerjaan yang dikerjakan? Dia menjawab, dia hanya saya ajari bercocok tanam. Lalu beliau bertanya lagi apakah engkau telah mengajarinya untuk memukul. Laki-laki itu menjawab tidak. Beliau menimpali lagi mungkin saja pada pagi hari anak kamu itu ketika dia mau berangkat kesawah dengan mengendarai Himar (binatang lebih kecil dari kuda), buru-buru dan kamu disangkanya adalah kerbau.
10 kewajiban anak kepada orang tua
1. Apabila orang tua memerlukan makan, maka ia wajib memberi makan keduanya.
2. Apabila orangtuanya memerlukan pakaian, maka ia wajib memberikannya apabila mampu.
3. Apabila keduanya merlukan pelayanan, maka ia wajib melayani keduanya.
4. Apabila keduanya mengundang, maka ia wajib datang
5. Apabila keduanya menyuruh, maka ia wajib melaksanakan perintah, selama perintah tersebut tidak bermaksiat kepada allah.
6. Jangan berbicara yang keras, tapi bicaralah dengan suara yang lembut.
7. Jangan memanggil dengan namanya
8. Memberikan yang terbaik buat keduanya
9. Berjalan dibelakang
10. Mendoakan keampunan bagi orang tua.


Sebagian para tabeein menuturkan
''Siapa yang mendoakan keempuanan bagi kedua orangtuanya sebanyak lima kali, maka ia telah menunaikan haknya kepada orang tua karena Allah swt berfirman ''Hendaknya kalian bersyukur kepada-Ku dan kepada orang tuamu. Diantara bagian dari syukur kita kepada Allah adalah melaksanan Salat lima kali dalam sehari, demikian juga syukur kepada orang tua berarti mendoakan keduanya sebanyak lima kali dalam sehari.
Juraij dan Ibunya
Juraij adalah seorang ahli ibadah dari bani israel, ia beribadah di sebuah tempat khusus jauh dari keramaian, pada suatu ketika ia sedang Salat datanglah ibunya kesana, dan memanggil juraij untuk bertemu, tapi juraij ragu apakah dia harus meneruskan salat atau memenuhi panggilan ibunya, akhirnya ia menerusakan salatnya. Pada hari berikutnya ibunya datang lagi, dan bertepatan juraij dalam keadaan salat. Ia bingung apakah menerusakan salat atau memenuhi panggilan ibunya,akhirnya ia memenrusakan salat. Sang ibu merasa kesal kerena panggilannya tidak dijawab. akhirnya terucaplah doa dari sang ibu "yaa allah berilah ia cobaan dengan wanita jahat sebelum dia meninggal"
Diklangan bani israel ada sekelompok orang yang benci dengan jurauj, untuk menggoda juraij mereka memeanggil seorang wanita pealacur, datanglah wanita itu ketempat peribadatan juraij, dengan segala cara dia gunakan untuk memperdaya juraij, namun juraij menolaknya. Akhirnya pelacur tersebut menggoda penggembala kambing untuk melakukan hubungan. Setelah beberapa bulan terdengar berita hamilnya sang pelacur. Setelah melahirkan sang pelacur mengatakan bahwa yang menghamilinya adalah sijuraij. Mendengar penuturan wanita itu, kaum bani israel menghancurkan tempat peribatan juraij serta memukul juraij sampai bebak belur, juraij bertnya kepada mereka sambil menahan sakitnya, ada apa gerangan kalian menghancurkan tempat peribadatan ku dan memeukuli aku, mereka menjawab"kamu telah berzina dengan seorang perempuan". Juraij menimpali aku tidak pernah berzina dengan siapapun, bawa kesini anak tersebut. Biarkan aku salat dan memeohon kepada allah. Jjuraij pun salat, setelah selesai salat juraij mendatangi anak tersebut dan langsung meletakan telunjuk keperut anak tersebut, sambil bertanya ''wahai anak kecil, saiapakah bapak kamu? Dengan pasihnya anak tersebut menjawab ''Saya adalah anak pengembala itu''. Melihat kejadian tersebut mereka lanngsung minta maaf kepada Juraij dan mereka berjanji akan membuatkan tempat ibadat dari emas.
Perhatian
Doa seorang ibu sangat mudah terkabulnya, oleh karena itulah kita sebagai anak untuk berhati-hati jangan sampai ibu kita marah kepada kita, dalam hadis disebutkan ''Rhida Allah tergantung kepada keridaan orang tua''. Juga kepada para ibu jangan sampai mendoakan yang tidak baik kepada anak, walau bagaimanapun juga dia adalah darah dagingnya. Walaupun ibu marah kepada anaknya, marah lah seperlunya saja, tapi berusaha jangan sampai mendoakan yang jelek, karena sudah banyak bukti terkabulnya doa orang tua kepada anaknya
Semoga kita dapat berbakti kepada Allah dan ibu bapak kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar